Jika anda dialihkan ke situs adf.ly maka tunggu 5 detik kemudian klik Lewati / skip ad untuk melanjutkan membaca isi makalah pada blog ini.

Wednesday, November 28, 2012

Proses perkembangan janin

di dalam perkembangan janin (kehamilan) terdapat tiga fase yang disebut dengan trimester

  • Trimester Pertama (Minggu 0 – 12)

Dalam fase ini ada tiga periode penting pertumbuhan mulai dari periode germinal sampai periode terbentuknya fetus.
Periode Germinal (Minggu 0 – 3)
Periode Embrio (Minggu 3 – 8 )
Periode Fetus (Minggu 9 – 12)
  • Trimester kedua (Minggu 12 – 24)

Pada trimester kedua ini terjadi peningkatan perkembangan janin.Pada minggu ke-18 kita bisa melakukan pemeriksaan dengan ultrasongrafi (USG) untuk mengecek kesempurnaan janin, posisi plasenta dan kemungkinan bayi kembar.Jaringan kuku, kulit dan rambut berkembang dan mengeras pada minggu ke 20 – 21.Indera penglihatan dan pendengaran janin mulai berfungsi.Kelopak mata sudah dapat membuka dan menutup.Janin (fetus) mulai tampak sebagai sosok manusia dengan panjang 30 cm.
  • Trimester ketiga (24 -40)

Dalam trimester ini semua organ tubuh tumbuh dengan sempurna.Janin menunjukkan aktivitas motorik yang terkoordinasi seperti menendang atau menonjok serta dia sudah memiliki periode tidur dan bangun.Masa tidurnya jauh lebih
lama dibandingkan masa bangun.Paru-paru berkembang pesat menjadi sempurna.Pada bulan ke-9 ini , janin mengambil posisi kepala di bawah dan siap untuk dilahirkan. Berat bayi lahir berkisar antara 3 -3,5 kg dengan panjang 50 cm.

untuk mengetahui lebih jelas silahkan klik link dibawah ini






No comments:

Post a Comment