Jika anda dialihkan ke situs adf.ly maka tunggu 5 detik kemudian klik Lewati / skip ad untuk melanjutkan membaca isi makalah pada blog ini.

Tuesday, March 25, 2014

pemikiran, tradisi dan praktek ekonomi pada masa daulah islam (umayyah, abbasiyah, utsmaniyyah)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Kontribusi kaum Muslimin yang sangat besar terhadap kelangsungan dan perkembangan pemikiran ekonomi pada khususnya dan peradaban dunia pada umumnya, telah diabaikan oleh para ilmuwan Barat. Buku-buku teks ekonomi Barat hampir tidak pernah menyebutkan peranan kaum Muslimin ini. Sebaliknya,meskipun telah memberikan kontribusi yang besar, kaum Muslimin tidak lupa mengakui utang mereka kepada para ilmuwan Yunani, Persia, India, dan Cina. Hal ini sekaligus mengindikasikan inklusivitas para cendekiawan Muslim masa lalu terhadap berbagai ide pemikiran dunia luar selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam.
Perkembangan ekonomi Islam saat ini secara terus menerus mengalami kemajuan yang sangat pesat, baik di panggung internasional maupun di Indonesia. Perkembangan tersebut meliputi kajian akademis di Perguruan Tinggi maupun secara praktik operasioanl seperti yang terjadi di lembaga- lembaga perekonomian Islam seperti Perbankan Syariah, Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah,  Perkembangan tersebut diharapkan semakin melebar meliputi aspek dan cakupan yang sangat luas, seperti kebijakan ekonomi negara, ekonomi pemerintah daerah,  ekonomi makro (kebijakan fiskal, public finance, strategi mengatasi kemiskinan serta pengangguran, inflasi, kebijakan moneter), dan permasalahan ekonomi lainnya, seperti  upah dan perburuhan dan sebagainya.
B.     Rumusan Masalah
Didalam makalah ini akan dibahas meliputi :
1.      Pemikiran ekonomi pada masa daulah islam
2.      Tradisi dan praktek ekonomi pada masa daulah islam
C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu selain sebagai salah satu tugas mata kuliah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, penulis berharap dengan makalah ini dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah pemikiran ekonomi islam khususnya tentang Tradisi dan Praktek Ekonomi Pada Masa Daulah Islam (Umayyah, Abbasiyah, Utsmaniyah).

BAB II
PEMBAHASAN

A.    PEMIKIRAN  EKONOMI PADA MASA DAULAH ISLAM (UMAYYAH, ABBASIYAH, UTSMANIYAH)
1.      Bani Umayyah
Pada masa pemerintahan Bani Umayyah, kebijakan ekonomi banyak dibentuk berdasarkan ijtihad para fuqoha dan ulama sebagai konsekuensi semakin jauhnya rentang waktu (lebih kurang satu abad) antara zaman kehidupan Rasulullah saw dan masa pemerintahan tersebut.[1]
Berbagai catatan penting tentang pemerintahaan Bani Umayyah adalah dapat dijelaskan seb

READ MORE......

No comments:

Post a Comment