Jika anda dialihkan ke situs adf.ly maka tunggu 5 detik kemudian klik Lewati / skip ad untuk melanjutkan membaca isi makalah pada blog ini.

Friday, November 16, 2012

TEMA, JUDUL, TOPIK DAN KERANGKA KARANGAN



 oke, pada kesempatan kali ini ane mau ngasih sedikit informasi tentang Pengertian Tema, Judul, Topik, dan kerangka karangan.
semua ini ane dapet dari dosen bahasa indonesia ane Bu Misnadiah, S.Pd.I., M.M.
,mdah2an dgn tulisan ini stiap ada yg membaca pahalanya akan ngalir ke Bu 
Misnadiah, S.Pd.I., M.M.   aamiin..


A.  Pengertian Tema, Judul, dan Topik
1.      Tema
      Tema berasal dari bahasa Yunani “thithenai”, berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan.Tema merupakan persoalan utama yang diungkapkan oleh seorang pengarang dalam sebuah karya sastra, seperti cerpen, novel, ataupun suatu karya tulis. Tema juga dapat dikatakan sebagai suatu gagasan pokok atau ide dalam membuat suatu tulisan.
      Beberapa sumber mengatakan, pengertian tema dalam karang-mengarang dapat dilihat dari dua sudut, yaitu dari sudut karangan yang telah selesai dan dari proses penyusunan karangan itu sendiri.
      Dilihat dari sudut karangan yang telah selesai, tema adalah suatu amanat yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Sedangkan dari segi proses penulisan, tema adalah suatu perumusan dari topik yang akan dijadikan landasan pembicaraan dan tujuan yang akan dicapai melalui topik tadi. Hasil perumusan tema bisa dinyatakan dalam sebuah kalimat singkat, tetapi dapat pula mengambil bentuk berupa sebuah alinea, ikhtisar-ikhtisar, dan kadang-kadang ringkasan.
      Panjang tema tergantung dari berapa banyak hal yang akan disampaikan sebagai perincian dari tujuan utama. Perbandingan antara tema dengan karangan dapat disamakan dengan hubungan antara sebuah kalimat dan gagasan utama kalimat yang terdiri dari subjek dan predikat. Begitu juga kedudukan tema secara konkrit dapat dilihat dalam hubungan antara kalimat topik dan alinea. Kalimat topik merupakan tema dari alinea itu, sedangkan kalimat lain hanya berfungsi untuk memperjelas kalimat topik atau tema alinea tersebut.
2.   Judul
      Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain, identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis, bersifat menjelaskan diri dan yang menarik perhatian dan adakalanya menentukan wilayah (lokasi). Dalam artikel judul sering disebut juga kepala tulisan. Ada juga yang mendefinisikan judul sebagai lukisan suatu artikel atau juga disebut miniature isi bahasan.
Judul dapat dikatakan sebagai jabaran topik atau tema. Karena itu, judul harus mampu mencerminkan topik atau tema, tidak boleh menyimpang dari intinya.
3. Topik
Topik berasal dari bahasa Yunani “Topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel. Topik juga bisa diartikan sebagai pokok pembicaraan dalam diskusi,

baca selengkapnya.....

5 comments:

  1. Replies
    1. maaf gan, artikel ini dapet dikasih dari dosen ane langsung,
      jd yang tau dftar pustaka'a ya dosen ane.

      terimakasih ats kunjungan'a

      Delete
    2. blognya bagus saya suka terimakasih sudah memebantu tapi ada yang kurang gak ada keterangan sumbernya dari mana dan kesimpulannya gak dijealsin. terus lah semangat :-)

      Delete
  2. assalamualaikum.. mau izin megcopy tulisannya untuk belajar sendiri

    ReplyDelete