Jika anda dialihkan ke situs adf.ly maka tunggu 5 detik kemudian klik Lewati / skip ad untuk melanjutkan membaca isi makalah pada blog ini.

Friday, November 16, 2012

Jumlah Ismiyah


BAB V
جملة الاسمية
(مبتدأ + خبر)

Sebelum kita mempelajari tentang jumlah ismiyah, sebaiknya kita terlebih dahulu mengenal serta mempelajari mubtada dan khabar karena jumlah ismiyah itu sendiri terdiri dari mubtada dan khabar.
1.     Mubtada
المبتدأ : هوالاسم المرفوع العارى عن العوامل اللفظية.
Mubtada adalah isim yang di rofa’kan serta yang kosong dari amil-amil sebangsa lafadz.
Maksudnya: mubtada itu isim marfu’ yang kosong atau bebas dari amil lafadz. Yakni yang merafa’kan mubtada itu bukan amil lafadz, seperti: Fa’il atau naibul Fa’il, melainkan oleh amil ma’nawi, yaitu oleh ibtida’ atau permulaan kalimat saja.
a.       Pembagian mubtada
mubtada terbagi menjadi dua bagian :
1.      Mubtada isim dzahir
2.      Mubtada isim dlamir
Mubtada’ isim dzahir dapat dikatakan sebagai kata benda yang nampak atau kalimat isim yang dapat dilihat dengan mata dan dapat diucapkan dengan lisan.
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ
Mubtada’ isim dlamir dapat dikatakan sebagai kata ganti dari kata benda tersebut atau kalimat isim yang tidak dapat dilihat dengan mata dan tidak dapat diucapkan oleh lisan.
Mubtada isim dlamir terbagi lagi menjadi dua :
a.       Dlamir munfashil
Contoh: أَنَا قَائِمٌ
b.      Dlamir muttashil, tapi ini khusus untuk lafadz لَوْلاَى, لَوْلاَهُ, لَوْلاَكَ (sedangkan khabarnya لَوْلاَ itu biasanya disimpan menaqdirkan lafadz مَوْجُوْدٌ ).
Contoh: لَوْلاَى قَعَدْتُ

2.      Khabar
الخبر هو الإسم المرفوع المسند إليه.
Khabar adalah isim yang dirofa’kan yang disandarkan kepada mubtada’
Maksudnya yakni tidak akan ada khabar kalau tidak ada mubtada dan mubtada itulah yang merofa’kan khabar, contohnya زيد قائم. Lafadz زيد menjadi mubtada yang dirofa’kan oleh ibtida. Tanda rofa’nya dengan dhammah karena isim mufrod. Sedangkan lafadz  قائم menjadi khabarnya yang dirofa’kan oleh mubtada, tanda rofa’nya dengan dhammah karena isim mufrod.
a.       Pembagian khabar

والخبر قسمان : مفرد وغير مفرد فالمفرد نحو زيد قائم وغير المفرد (اربعة اشياء )الجار والمجرور والظرف والفعل مع فاعله والمبتدأ مع خبره نحو قولك : زيد فى الدار) وزيد عندك وزيد قام ابوه وزيد جاريته زاهبة.
dari keterangan diatas, khabar itu terbagi menjadi dua bagian :
1.      Khabar mufrod
Khabar mufrod adalah khabar yang berbentuk isim tunggal atau khabar yang tidak berupa jumlah (ismiyah/fi’liyah) atau syibhul jumlah (jer majrur/dlaraf).
Contoh : زيد قائم
2.      Khabar ghair mufrod
Khabar ghair mufrod Adalah khabar yang berupa jumlah/syibhul jumlah.
Contoh: زَيْدٌ أَبُوْهُ قَائِمٌ
Dan khabar ghair mufrod terdapat empat bagian :
1.      Jar dan majrur
Contoh : زَيْدٌ فِي الدَّارِ
2.      Dlaraf
Contoh : زَيْدٌ عِنْدَكَ
3.      Mubtada dan khabar (jumlah ismiyah)
Contoh : زَيْدٌ أَخُوْكَ عَالِ
4.      Fi’il dan fa’il (jumlah fi’liyah)
Contoh : زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ

            Setelah kita mempelajari mubtada dan khabar serta jenisnya barulah kita dapat menyusun jumlah ismiyah, karena didalam definisi :
الجملة الإسمية هي ماتركب من المبتدأ و الخبر.
jumlah ismiyah yaitu jumlah yang tersusun dari mubtada dan khabar.
            Dalam bahasa arab istilah kalimat disebut dengan jumlah dan kalimat sempurna disebut dengan kalimat mufidah sedangkan jumlah sendiri merupakan susunan dari beberapa kalimat (baca : kata) yang melahirkan makna/pesan yang sempurna.
Jumlah ismiyah adalah kalimat yang diawali dengan isim.
Model struktur paling sederhana untuk jumlah ismiyah adalah :
Isim (sebagai mubtada) + isim (sebagai khabar)
              Contoh :                 المدرسة كبيرة               المسجدان قربان
                                    السيارة جديدة                المدينة واسعة
Adapun persamaan dan perbedaan jumlah ismiyah adalah
1.      Persamaan
Persamaan dari segi jenisnya
الخبر (khabar)
المبتدأ (mubtada)
مذكر
مذكر
مؤنث
مؤنث
Persamaan dari segi kuantitasnya
الخبر (khabar)
المبتدأ (mubtada)
مفرد
مفرد
مثنى
مثنى
جمع
جمع

2.      Perbedaan
الخبر (khabar)
المبتدأ (mubtada)
Tanpa ال
ال
نكرة
معرفة



No comments:

Post a Comment